WiFi Bukan Why Fee

wifi

Kata-kata itu yang tepat, jika kita mengenal dunia jaringan lebih lanjut.

Nggak usah bayar, nggak usah colokin kabel, tapi perlu nggak ya kita punya account supaya legal buat akses internet?

Kenapa teknologi Wi-Fi dipilih sebagai instalasi jaringan lokal untuk mempermudah akses internet dalam suatu instansi pemerintahan, kampus, masjid, sekolah, cafe, warung, tapi mungkin nggak ya…diinstall di toilet atau di fitting room???

waah bisa ng*n**p orang ……. dunk?

Daripada suudzan buat mikir yang nGgak-nGgak Untuk lebih lanjut baca dulu yang ini

Katanya wikipedia Wi-Fi itu :

Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan,tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh.

Wi-Fi hanya dapat di akses dengan peralatan Wi-Fi certified Radio seperti komputer, laptop, PDA atau Cellphone. Untuk Laptop versi terbaru keluaran tahun 2007, sudah terdapat wifi on board. Bila belum tersedia pemakai dapat menginstall Wi-Fi PC Cards yang berbentuk kartu di PCMCIA Slot yang terdapat di laptop atau Wifi USB .

Untuk PDA, pemakai dapat menginstall Compact Flash format Wi-Fi radio di slot yang telah tersedia. Bagi pengguna yang komputer atau PDA – nya menggunakan Windows XP, hanya dengan memasangkan kartu ke slot yang tersedia, Windows XP akan dengan sendirinya mendeteksi area disekitar Anda dan mencari jaringan Wi-Fi yang terdekat dengan Anda. Amatlah mudah menemukan tanda apakah peranti tersebut memiliki fasilitas Wi-Fi, yaitu dengan mencermati logo Wi-Fi CERTIFIED pada kemasannya.

Meskipun Wi-Fi hanya dapat diakses ditempat yang bertandakan “Wi-Fi Hotspot”, jumlah tempat-tempat umum yang menawarkan “Wi Fi Hotspot” meningkat secara drastis. Hal ini disebabkan karena dengan dijadikannya tempat mereka sebagai “Wi-Fi Hotspot” berarti pelanggan mereka dapat mengakses internet yang artinya memberikan nilai tambah bagi para pelanggan. Layanan Wi-Fi yang ditawarkan oleh masing-masing “Hots Spot” pun beragam, ada yang menawarkan akses secara gratis seperti halnya di executive lounge Bandara, ada yang mengharuskan pemakainya untuk menjadi pelanggan salah satu ISP yang menawarkan fasilitas Wi-Fi dan ada juga yang menawarkan kartu pra-bayar. Apapun pilihan Anda untuk cara mengakses Wi-Fi, yang terpenting adalah dengan adanya Wi-Fi, Anda dapat bekerja dimana saja dan kapan saja hingga Anda tidak perlu harus selalu terkurung di ruang kerja Anda untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.

Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLANs dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.

Gampangannya gini bro, kita cukup punya mobile device, yang udah built-in wireless network adapter. Baik itu PDA (Personal Digital Assistance), notebook, bahkan komputer yang ada dirumah kita, kalo perlu dibawa ke hotspot area hehehe. WiFi saat ini memang diciptakan untuk nge-net secara praktis. Kebetulan notebook saat ini udah dilengkapi dengan wireless network adapter, bahkan handphone juga udah banyak yang built-in wireless network adapter.

Hotspot area itu ???

Kalo secara harfiah kita mengartikan “Hotspot” area, berarti ambil saja per katanya. Hot : panas, Spot : tempat. So… “tempat panas”!!! parkiran kaleee

Hotspot merupakan istilah sekarang yang ada dalam dunia wireless networking. Yang merupakan area atau tempat dimana udara yang mengalir dalam area tersebut bisa memfasilitasi user untuk mengakses internet dengan menggunakan notebook atau juga menggunakan PDA. Konsekuensinya, ketika dalam notebook kita udah nGedeteksi sebuah pemancar atau yang sering disebut dengan “Access Point” yang memungkinkan kita terhubung dengan jaringan tersebut pilih “connect” so…internetan dech. Terus hubungan antara Wifi dengan wireless itu adalah beda, so jangan salah kaprah mengartikannya. Sacara mudah hotspot itu tempat dimana kita bisa nge-net dengan menggunakan koneksi wireless local area network. Sedangkan Wifi adalah teknologi yang mendukungnya.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: